Arsitektur Manusia dan Kognisi Manusia

 Arsitektur Manusia dan Kognisi Manusia

Definisi Arsitektur Komputer

 

Pembahasan Lengkap Tentang Arsitektur Komputer - Qwords

Menurut Rachmadi (2020), Arsitektur Komputer Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).

Menurut Rachmadi (2020) Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biasanya.  Arsitektur Komputer ini tidak mengandung 3 sub-kategori: 1. Arsitektur mikro dari ISA 3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer.

 

Bagian-bagian Utama Arsitektur Komputer

1. Arithmetic Logic Unit (ALU)

ALU atau juga disebut Arithmetic Logic Unit, satu komponen dari dalam sebuah mikroprosesor atau IC yang berguna untuk melakukan suatu operasi hitung aritmetika dan logika pada suatu komputer

 

2. Control Unit

Control Unit salah satu bagian dari komponen arsitektur komputer yang bertugas untuk memberikan instruksi dan kendali penuh terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU di dalam CPU Komputer tersebut. Output dari Control Unit ini akan mengatur aktivitas bagian lainnya dari perangkat CPU Komputer.

3. Memory

Memori merupakan istilah generik yang merujuk pada media komponen penyimpanan data baik itu permanen atau sementara pada suatu komputer. Setiap program dan data informasi yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori yang telah pra-install di CPU.

d. Input dan Output

Merupakan Suatu komponen untuk memasukkan data dan memberi bentuk output berupa media yang dapat di pahami oleh user atau pengguna komputer itu sendiri sesuai instruksi.

Model-Model Arsitektur Komputer (Fachri, dkk, 2020)

·         SISD

            Merupakan singkatan dari Single Instruction Single Data adalah satu-satunya yang menggunakan arsitektur Von Neumann. Ini dikarenakan pada model ini hanya digunakan 1 processor saja. Oleh karena itu model ini bisa dikatakan sebagai model untuk komputasi tunggal. Sedangkan ketiga model lainnya merupakan komputasi paralel yang menggunakan beberapa processor. Beberapa contoh komputer yang menggunakan model SISD adalah UNIVACI, IBM 360, CDC 7600, Cray 1 dan PDP 1.

 

·         SIMD

 Singkatan dari Single Instruction Multiple Data. SIMD menggunakan banyak processor dengan instruksi yang sama, namun setiap processor mengolah data yang berbeda. Sebagai contoh kita ingin mencari angka 27 pada deretan angka yang terdiri dari 100 angka, dan kita menggunakan 5 processor. Pada setiap processor kita menggunakan algoritma atau perintah yang sama, namun data yang diproses berbeda. Misalnya processor 1 mengolah data dari deretan / urutan pertama hingga urutan ke 20, processor 2 mengolah data dari urutan 21 sampai urutan 40, begitu pun untuk processor-processor yang lain. Beberapa contoh komputer yang menggunakan model SIMD adalah ILLIAC IV, MasPar, Cray X-MP, Cray Y-MP, Thingking Machine CM-2 dan Cell Processor (GPU)

 

·         MISD

Multiple Instruction Single Data menggunakan banyak processor dengan setiap processor menggunakan instruksi yang berbeda namun mengolah data yang sama. Hal ini merupakan kebalikan dari model SIMD. Untuk contoh, kita bisa menggunakan kasus yang sama pada contoh model SIMD namun cara penyelesaian yang berbeda. Pada MISD jika pada komputer pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima sama-sama mengolah data dari urutan 1-100, namun algoritma yang digunakan untuk teknik pencariannya berbeda di setiap processor. Sampai saat ini belum ada komputer yang menggunakan model MISD.

 

·         MIMD

Merupakan singkatan dari Multiple Instruction Multiple Data. MIMD menggunakan banyak processor dengan setiap processor memiliki instruksi yang berbeda dan mengolah data yang berbeda. Namun banyak komputer yang menggunakan model MIMD juga memasukkan komponen untuk model SIMD. Beberapa komputer yang menggunakan model MIMD adalah IBM POWERS, HP/Compaq AlphaServer, Intel IA32, AMD Opteron, Cray XT3 dan IBM BG/L

 

Kognisi Manusia

Kognisi: Perkembangan Saraf Manusia - Kompasiana.com

Definisi Kognisi

Menurut Chaplin (2002) dikatakan bahwa kognisi adalah konsep umum yang mencakup semua bentuk mengenal, termasuk di dalamnya mengamati, melihat, memperhatikan, memberikan, menyangka, membayangkan, memperkirakan, menduga dan menilai.

Menurut Wade dan Tavris (2008) sistem kognisi manusia adalah hal yang berlangsung di pikiran seseorang. Bagaimana seseorang berpikir, mengingat, memahami bahasa, memecahkan masalah, menjelaskan berbagai pengalaman, memperoleh sejumlah standar moral, dan membentuk keyakinan.

 

 

Fungsi-fungsi kognitif

 

    Atensi dan kesadaran

 

Atensi adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan dan proses kognitif lainnya. Atensi terbagi menjadi atensi terpilih (selective attention)dan atensi terbagi (divided attention). Kesadaran meliputi perasaan sadar maupun hal yang disadari yang mungkin merupakan fokus dari atensi.

 

    Persepsi

 

Persepsi adalah rangkaian proses pada saat mengenali, mengatur dan memahami sensasi dari panca indera yang diterima dari rangsang lingkungan. Dalam kognisi rangsang visual memegang peranan penting dalam membentuk persepsi. Proses kognif biasanya dimulai dari persepsi yang menyediakan data untuk diolah oleh kognisi.

 

    Ingatan

 

Ingatan adalah saat manusia mempertahankan dan menggambarkan pengalaman masa lalunya dan menggunakan hal tersebut sebagai sumber informasi saat ini. Proses dari mengingat adalah menyimpan suatu informasi, mempertahankan dan memanggil kembali informasi tersebut. Ingatan terbagi dua menjadi ingatan implisit dan eksplisit. Proses tradisional dari mengingat melalui pendataan penginderaan, ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang.

 

    Bahasa

 

Bahasa adalah menggunakan pemahaman terhadap kombinasi kata dengan tujuan untuk berkomunikasi. Adanya bahasa membantu manusia untuk berkomunikasi dan menggunakan simbol untuk berpikir hal-hal yang abstrak dan tidak diperoleh melalui penginderaan. Dalam mempelajari interaksi pemikiran manusia dan bahasa dikembangkanlah cabang ilmu psikolinguistik

 

    Pemecahan masalah dan kreativitas

 

Pemecahan masalah adalah upaya untuk mengatasi hambatan yang menghalangi terselesaikannya suatu masalah atau tugas. Upaya ini melibatkan proses kreativitas yang menghasilkan suatu jalan penyelesaian masalah yang orisinil dan berguna.

 

Arsitektur Komputer dengan Kognisi Manusia

 

         Melalui pengertian dan penjelasan mengenai arsitektur komputer dengan kognisi manusia dapat disimpulkan bahwa pada arsitektur komputer dengan kognisi manusia memiliki beberapa perbedaan dan persamaan yaitu persamaannya pada proses input dan output untuk memproses data atau informasi. Manusia menciptakan komputer dengan sistem yang menyerupai kognisi manusia dengan maksud mempermudah manusia dalam pekerjaannya.  Manusia memiliki otak untuk mengingat, menganalisa, memahami, menilai, berbahasa yang disebut sebagai kognisi. Komputer membantu manusia dalam mempermudah pekerjaan dalam informasi dan lain-lain. Sedangkan untuk perbedaannya adalah meski sama-sama memiliki input maupun outpus tetapi kognisi manusia lebih menekankan kepada proses berpikir yang matang berdasarkan pengalamannya pengetahuan, kesadaran, emosional kontrol yang saling menghubungkan dan membentuk sebuah proses data kognitif manusia.

 

Datar Pustaka:

Chaplin, JP. Kamus Lengkap Psikologi.2002. Jakarta: Rajawali Pers

Fachri, B., Parinduri, I., Hutagalung, S.N. & Harahap, R.R. (2020). Arsitektur dan organisasi komputer. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rachmadi, T. (2020). Organisasi dan arsitektur komputer. Tiga Ebook

Solso, Robert L., Maclin, Otto H., Maclin, M. Kimberlyn. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga

Wade, C. & Tavris, C. (2008). Psikologi jilid 1, edisi 9. Jakarta: Erlangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA DALAM MENGGUNAKAN INTERNET

Bola Berpacu dengan Ilmu Alamiah Dasar